fbpx

ALBUM REVIEW: CHRISTIAN MISTRESS – TO YOUR DEATH

CHRISTIAN MISTRESS ‘To Your Death’ ALBUM REVIEW

Relapse Records. September 18th, 2015

Heavy Metal

CHRISTIAN MISTRESS diformasikan di Olympia, Washington, Amerika Serikat pada tahun 2008, setahun kemudian Christine Davis, Oscar Sparbel, Ryan McClain, Jonny Wulf, dan Reuben W. Storey melepaskan Demo self-titled dan single ‘Mother of Mercy / The Hereafter’, Fenriz pentolan grup black metal DARKTHRONE sempat memberikan approval dan endorsement nya, sempat mendeklarasikan bahwa CHRISTIAN MISTRESS telah berhasil menghadirkan konsep traditional heavy metal yang baik dan benar dalam blog beliau, otomatis hal tersebut membuat band ini jadi anak emas media dan tentunya langsung mengangkat nama CHRISTIAN MISTRESS, album perdana ‘Agony & Opium’ pun dirilis via 20 Buck Spin, meraih berbagai pujain dari semua penjuru. CHRISTIAN MISTRESS sendiri muncul pada momen yang sangat pas, awal 2010’an merupakan era kejayaan grup musik yang membangkitkan lagi nuansa mistis rock tujuh puluhan, selain GHOST yang langsung melejit dengan ‘Opus Eponymous’, ada sederet band yang turut memeriahkan tren occult rock mulai dari PURSON, JEX THOTH, THE DEVIL’S BLOOD, THE OATH, hingga WITCH MOUNTAIN dan KADAVAR. Meskipun konsep heavy metal yang dibawakan CHRISTIAN MISTRESS lebih dekat pada sound NWOBHM, namun akhirnya banyak yang menjerumuskan mereka pada skena occult rock, karena memang pengaruh PENTAGRAM, PAGAN ALTAR, dan WITCHFINDER GENERAL cukup terasa kental dalam ‘Agony & Opium’ dan ‘Possession’.

‘To Your Death’ merupakan rilisan kedua CHRISTIAN MISTRESS bersama Relapse Records, yang dulu gak pikir panjang langsung menawarkan kontrak pada mereka, setelah melihat kesuksesan album ‘Agony & Opium’ di pasaran, ‘To Your Death’ kalau dibandingkan dengan dua full-length sebelumnya jelas terdengar lebih bright, hawa-hawa doom metal dalam dua album pertama bisa dibilang sudah hampir sepenuhnya ditanggalkan, “Neon”, “Stronger Than Blood”, dan “Walkin’ Around” punya nuansa yang cukup upbeat, lebih berasa influence dari grup layaknya THIN LIZZY, BUDGIE, dan ANGEL WITCH daripada BLACK SABBATH, betotan bass Jonny Wulf tak lagi merangkak setebal dulu, CHRISTIAN MISTRESS lebih mengedepankan riff dan harmonisasi melodi antara Oscar Sparbel dan gitaris baru Tim Diedrich, vokal Christine Davis yang sudah sangat khas tentunya masih menjadi jurus andalan, tak perlu menggunakan nada-nada tinggi hingga melengking tipikal band heavy metal/speed metal, karakter nya justru lebih dekat dengan Janis Joplin dan Patti Smith yang soulful. Tapi CHRISTIAN MISTRESS tak sekonyong-konyong berubah jadi band arena rock model THE NIGHT FLIGHT ORCHESTRA, mereka masih teguh di jalur heavy metal. “Open Road” punya komposisi yang bisa membuat Rob Halford senyum sekaligus memberikan dua jempol, lagu berikutnya “Ultimate Freedom” mencoba racikan yang sedikit beda karena terasa seperti crossover antara ASHBURY dan MANOWAR.

 “Lonewild” menjadi satu-satu nya lagu dalam ‘To Your Death’ yang masih ada aroma doom metal, yang lalu dilanjutkan dengan epilog instrumental “III”, sebuah penutup yang mayan catchy dan berisikan guitar solo impresif, tetapi sebagai closer sedikit anticlimactic, untung nya masih ada hidden track “TYD” agar ending album tak terlalu canggung, dimana CHRISTIAN MISTRESS menaikan tempo lalu mengenakan jubah speed metal warrior. Dari segi produksi ‘To Your Death’ saya rasa sudah sangat berhasil mengemulasi karakter sound jadul dan dari sisi penulisan lagu CHRISTIAN MISTRESS mampu meracik sembilan lagu yang distingtif satu sama lain. Merubah sedikit haluan dengan membawakan format heavy metal yang sudah tak segelap dulu merupakan keputusan yang masuk akal untuk menghindari stagnansi, namun sangat disayangkan setahun setelah perilisan ‘To Your Death’, CHRISTIAN MISTRESS malah bubar berbarengan dengan matinya skena occult rock, padahal tahun tersebut scene heavy metal revival di Amerika Serikat lagi panas-panasnya disokong popularitas grup seperti ETERNAL CHAMPION, HIGH SPIRIT, MAGIC CIRCLE, VISIGOTH, SUMERLANDS, dan kebangkitan grup legendaris CIRITH UNGOL. Bubarnya CHRISTIAN MISTRESS sangatlah disayangkan mengingat ‘To Your Death’ merupakan salah satu album heavy metal paling enjoyable dari periode 2010-2019, dan hanya minum dari sisi originalitas saja. (Peanhead).

8.4 out of 10