ALBUM REVIEW: EVIL – POSSESSED BY EVIL

EVIL ‘凶惡 Possessed by Evil’ ALBUM REVIEW

Nuclear War Now! Produtions. February 1st, 2021

Black/thrash

Tahun 2017 lalu, EVIL, unit black/thrash sinting asal Tokyo, Jepang merilis debut album mereka ‘Rites of Evil (邪悪を讃えよ)’, yang langsung menarik perhatian para jamaah pencinta  first wave of black metal lewat kombinasi berengsek antara thrash metal pemuja kegelapan, heavy/speed metal delapan puluhan, lalu ditambahkan sentuhan japanese hardcore lumayan kental, yang membuat EVIL cukup stand out diantara band-band sejenis. Empat tahun setelah debut jahat mereka dilepaskan dari kandang macan, EVIL lanjut memuntahkan album kedua yang jauh lebih jahat lagi dari album pertama, ‘Possessed by Evil (凶惡)’, yang dirilis masih dibawah naungan label yang dikomandoi Yosuke Konishi, Nuclear War Now! Productions, tentunya album kedua EVIL dijamin masih sangat cocok ditelinga kaum yang belum mau moved on sama materi-materi jadul SABBAT, BATHORY, HELLHAMMER, BULLDOZER, DESTRUCTION, dan SODOM, apalagi album ini turut pula didukung production value sekolah lama yang primitif dan penuh rasa-rasa analog, tanpa harus  terdengar maksa, selain itu album ini turut didukung ilustrasi sampul ngeri dari Dante Fabian (ANCIENT) yang membuat estetika ‘Possessed by Evil’ makin dapet.

‘Possessed by Evil (凶惡)’ dibuka dengan sebuah nomor intro berbalut permainan lead melodic yang sudah menjadi ciri khas EVIL, lalu langsung disamber dengan dua lagu liar “夜叉 (Yaksa)” dan “怨殺 (Revenge)” yang punya cita rasa d-beat lumayan kuat, khususnya pada trek ketiga. Salah satu kekuatan utama album kedua EVIL adalah keanekaragaman influence mereka yang terpancar di tiap-tiap lagu, yang akhirnya membuat ‘Possessed by Evil’ terdengar begitu variatif, tak seperti kebanyakan album blackened thrash modern yang kebanyakan gitu-gitu doang, pada track keempat “雷神 Raizin” misalnya, EVIL mencoba ikut nyemplung kedalam filosofi rock ‘n’ roll ala Lemmy (R.I.P), ‘首斬り Reaper’ yang lagi-lagi jadi medok banget nuansa DISCHARGE-nya, hingga trilogi Neraka mini mereka (track nomor 7 – 9) dimana EVIL menampakan pengaruh entah itu dari DEATH SS (“地獄の門 The Gate of Hell”), IMPALED NAZARENE (“歪な梵鐘 Hell’s Evil Bells”), sampe CELTIC FROST (“奈落の底 Bottom of Hell”).

Alhasil keragaman komposisi yang dilontarkan oleh Asura (Ryo Kitamura), Enmaten (Kengo Amemiya), Bishamonten (Masaharu Takahashi), Yaksa (Ryo Ito) membuat ‘Possessed by Evil’ gak bikin cepet bosen lurd, bahkan ditiga lagu penutup album pun EVIL masih belum kehabisan ide, baik itu “閻魔天 Enmaten”, title track “凶惡 Possessed by Evil”, ataupun “惡鼻達磨 Evil Way of Live” punya aransemen sangat idiosinkratik. Dengan album kedua mereka, EVIL membuktikan kalau sebuah album blackened thrash tak harus one dimensional, mereka berhasil membaurkan black/thrash, heavy/speed metal, hardcore punk/d-beat, black ‘n’ roll jadi satu dalam satu album bahkan di beberapa part cukup tercium bau-bau tengik black/death atau bestial black metal pula, mereka juga sangat lihai memasukan melodi-melodi hingga solo gitar yang mungkin bagi banyak gitaris gak kesampean untuk kepikiran seperti itu buat nyambunginnya, gebukan drumnya walaupun sloppy malah kedengaran makin jadi keliarannya, kekurangan satu-satunya album ini mungkin ada di vokalnya yang rada monoton, meskipun tarikannya udah jauh lebih mending sih dari album pertama. Overall  “凶惡 Possessed by Evil” adalah sebuah rilisan black/thrash yang lumayan seger, meskipun lagi-lagi orisinalitas mungkin tak bakal ditemui di albumnya, yang penting setidaknya EVIL tak terdengar seperti copy-paste satu, dua, atau tiga band belaka doang. (Peanhead)

8.9 out of 10